Sabtu, 17 September 2011

NAMA-NAMA PELUKIS KENAMAAN DUNIA BESERTA KARYANYA



1.      PABLO PICASSO
NAMA PELUKIS                     : PABLO PICASSO            
ALIRAN                                   : KUBISME
JUDUL KARYA                        : THE DREAMS
 
Pablo Picasso memelopori gerakan seni modern disebut Kubisme dan secara luas diakui sebagai artis yang paling penting dari abad ke-20.

2.      SALVADOR DALI
NAMA PELUKIS                     : SALVADOR DALI
ALIRAN                                   : SUREALIS
JUDUL KARYA                        : The Persistence of Memory
Mungkin lukisan paling terkenal oleh Salvador Dali, The Persistence of Memory diciptakan pada tahun 1931 dan sekarang ditampilkan di Museum of Modern Art di New York City. Dali memperkenalkan arloji saku lebur dalam lembaran ini. Anda juga bisa melihat sosok manusia di tengah lukisan.


3.      VINCENT VAN GOGH
NAMA PELUKIS                     : VINCENT VAN GOGH
ALIRAN                                   : EKSPRESIONISME
JUDUL KARYA                        : STARRY NIGHT

Dalam lukisan ini Van Gogh menggambarkan sebuah kafe di Arles, kemudian Cafe Teras dan hari ini disebut Cafe van Gogh. Gaya lukisan unik untuk Van Gogh dengan warna-warna hangat dan kedalaman perspektif

4.      LEONARDO DA VINCI
NAMA PELUKIS                     :  LEONARDO DA VINCI
ALIRAN                                   :  REALISME
JUDUL KARYA                        :  MONALISA “THE MISTERIOUS SMILE”
Mona Lisa, lukisan dunia yang paling terkenal, dimiliki oleh pemerintah Perancis dan hang di Louvre di Paris. Lukisan itu menunjukkan seorang wanita memandang penampil dengan apa yang sering digambarkan sebagai “senyum misterius”. Mona Lisa mungkin adalah bagian yang paling terkenal dalam sejarah seni; beberapa karya lain seni adalah sebagai romantis, merayakan, atau direproduksi.

PELUKIS INDONESIA
1.      AFFANDI
NAMA PELUKIS                     : AFFANDI
ALIRAN                                   : EKSPRESIONISME
JUDUL KARYA                        : SIMBAH TUA
D:\Task\affandi\9.jpg
Semasa hidupnya, ia telah menghasilkan lebih dari 2.000 karya lukis. Karya-karyanya yang dipamerkan ke berbagai negara di dunia, baik di Asia, Eropa, Amerika maupun Australia selalu memukau pecinta seni lukis dunia. Pelukis yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari University of Singapore tahun 1974 ini dalam mengerjakan lukisannya, lebih sering menumpahkan langsung cairan cat dari tube-nya kemudian menyapu cat itu dengan jari-jarinya, bermain dan mengolah warna untuk mengekspresikan apa yang ia lihat dan rasakan tentang sesuatu.
2.      BASUKI ABDULLAH
NAMA PELUKIS                     : BASUKI ABDULLAH
ALIRAN                                   : IMPRESIONISME
JUDUL KARYA                        : BALINESSE BEAUTY
Bakat melukisnya terwarisi dari ayahnya Abdullah Suryosubro yang juga seorang pelukis dan penari. Sedangkan kakeknya adalah seorang tokoh Pergerakan Kebangkitan Nasional Indonesia pada awal tahun 1900-an yaitu Doktor Wahidin Sudirohusodo. Sejak umur 4 tahun Basoeki Abdullah mulai gemar melukis beberapa tokoh terkenal diantaranya Mahatma Gandhi, Rabindranath Tagore, Yesus Kristus dan Krishnamurti.
3.      DELSY SYAMSUMAR
NAMA PELUKIS                     : DELSY SYAMSUMAR
ALIRAN                                   : NEOKLASIK
JUDUL KARYA                        : PERSEMBAHAN UNTUK DIPONEGORO

D:\Task\delsy syamsumar\3.jpg

Khas lukisan Delsy banyak dianggap terletak pada kemahirannya melukiskan wanita. Namun sebenarnya kemampuan melukiskan ekpresi dan gerak tokoh-tokohnya yang komunikatif dengan pemandangan karyanya. Namun dalam melukiskan wanita, pengamat karyanya itu mengambil kesimpulan bahwa anatomi wanita-wanita dalam kanvas Delsy bagai menemukan “medan yang tepat dan kuat” menangkap daya hidup. Sudut pandang lukisan Delsy kadang-kadang filmis, karena mungkin kehidupannya sebagai orang film mempengaruhinya. Komposisi penuangan karya-karyanya apik dan enak dipandang bagaikan sudut pengambilan gambar lewat kamera.
4.      RADEN SALEH
NAMA PELUKIS                     : RADEN SALEH
ALIRAN                                   : ROMANTISME
JUDUL KARYA                        : PENYERAHAN DIRI P.DIPONEGORO
Tokoh romantisme Delacroix dinilai memengaruhi karya-karya berikut Raden Saleh yang jelas menampilkan keyakinan romantismenya.ia memberi interpretasi yang berbeda. Lukisan Pieneman menekankan peristiwa menyerahnya Pangeran Diponegoro yang berdiri dengan wajah letih dan dua tangan terbentang. Hamparan senjata berupa sekumpulan tombak adalah tanda kalah perang. Di latar belakang Jenderal de Kock berdiri berkacak pinggang menunjuk kereta tahanan seolah memerintahkan penahanan Diponegoro.

LUKISAN INDONESIA YANG TERKENAL DI MANCANEGARA :
BERIKUT ADALAH KARYA DARI PELUKIS INDONESIA SEPERTI  ; RADEN SALEH,AFFANDI DAN BASUKI ABDULLAH
D:\Task\affandi\10.jpgD:\Task\affandi\9.jpgD:\Task\affandi\8.jpg
D:\Task\affandi\6.jpg D:\Task\basuki abdullah\ssss.jpgD:\Task\basuki abdullah\sss.jpgD:\Task\basuki abdullah\sq.jpg D:\Task\raden s\images.jpg...........






Tidak ada komentar:

Posting Komentar